10 (Sepuluh) Kiat Sukses

Dari buku yang berjudul “Lesson from The Top,” karya Neff dan Citrin (1999), berdasarkan hasil wawancara dengan 50 orang tersukses di Amerika Serikat, dan hasil polling dari 500 orang dengan latar belakang berbeda-beda: perusahaan, LSM, dekan, dan rektor perguruan tinggi, 10 (sepuluh) kiat sukses menurut mereka adalah:

  1. Keinginan  kuat, unsur kecerdasan emosional yang berupa gairah atau semangat membara;
  2. Intelligence Quotient (IQ), kemampuan menghitung, menganalisis, mendesain, berwawasan, berpengetahuan luas, membuat model dan kritis;
  3. Kemampuan berkomunikasi untuk mengembangkan diri dan mengembangkan orang lain;
  4. Kesehatan dan energi tinggi, yaitu kemampuan untuk menjaga stamina fisik dan kesehatan organ-organ tubuh;
  5. Kecerdasan spiritual (SQ), yang dilihat dari kemampuan menjawab untuk apa dia hidup, mau kemana setelah hidup, dan apa yang ditargetkan setelah kehidupan ini. Orang seperti ini akan berusaha semaksimal mungkin menyelamatkan dan menyejahterakan orang sebanyak mungkin, bukan justru membuat orang lain menderita. Di Amerika Serikat SQ menduduki urutan tertinggi dalam mendukung sukses;
  6. Kreatif dan inovatif;
  7. Rendah hati;
  8. Selalu bersikap positif;
  9. Hidup dalam keluarga yang harmonis;
  10. Fokus dan mengerjakan yang benar.

Dalam 10 (sepuluh) kiat sukses di atas, kebanyakan menyebutkan pentingnya memiliki soft-skills (keterampilan lunak) sebagai syarat untuk sukses di dunia kerja. Mereka menyatakan bahwa yang menentukan kesuksesan seseorang bukanlah keterampilan teknis, melainkan kualitas diri yang berupa soft skills dan keterampilan untuk berhubungan dengan orang lain (people-skills).

Apabila ada organisasi/perusahaan yang belum produktif secara maksimal, saatnya melakukan refleksi dan koreksi, bila perlu menambah intervensi capacity building dengan materi soft-skills kepada para execituve yang menjadi tumpuan kesuksesan perusahaan.

Untuk informasi pelatihan soft-skills silakan dilihat di sini

Salam,
Dwiatmo Kartiko

Informasi tentang pengembangan SDM, dll., di sini.

—o0o—

About these ads

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s