Cara Membuat Jus Kulit Manggis

Tulisan ini dibuat oleh kawan kita, sesama pengguna FB: Abu Ayaz. Setahu saya, manfaat jus kulit manggis untuk memelihara kesehatan memang bagus, makanya tentu akan banyak teman yang membutuhkan tulisan ini.

Begini ceritanya:
Ide membuat jus ini, berangkat dari kekesalan saya terhadap produk jadi jus kulit manggis botolan yang harganya tidak masuk akal.

Jadi saya mencoba mengakalinya, bagaimana agar jus ini dapat dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh orang banyak tanpa membebani mereka dengan pengeluaran yang tidak wajar.

Bahan :
- 1 buah manggis.
- Madu
- Gula rendah kalori, atau gula aren.
- 1 gelas air matang.

Caranya:
- Siapkan 1 buah manggis yang bagus, sudah matang, dengan ukuran sedang sampai besar.
- Pilih yang kulitnya paling bersih, dan bebas dari getah2 kuning khas manggis.
- Buanglah kelopak manggis (yang berwarna hijau) yang berada di pangkal buah manggis tempat batang manggis tsb.
- Cuci bersih buah manggis tsb, utk menghilangkan kotoran dan noda2 yang yg menempel pada kulit manggis.
- Siapkan blender, atau alat pembuat jus.
- Bukalah manggis dengan tangan sehingga pecah merekah.

WALAUPUN INI JUS KULIT MANGGIS, TAPI BUKAN HANYA KULITNYA SAJA YANG DI JUS, tapi semuanya, TERMASUK BIJINYA. Jadi, masukkan semua daging manggis (yg berwarna putih sekalian biji manggis didalamnya) kedalam wadah blender.

- Potong2lah kulit manggis, boleh dengan pisau, atau boleh dengan menyobek2nya, dan masukkan juga ke dalam wadah blender.
= Tambahkan 3-4 sendok makan madu, dan air matang sebanyak 1 gelas (350-400 cc). Nantinya jika kurang manis, boleh ditambahkan madu secukupnya atau gula aren atau gula rendah kalori (tropicana slim) sesuai selera.
- Blenderlah manggis beserta kulit, dan bijinya tsb sampai benar2 halus.

Jus kulit manggis telah siap.

Simpanlah dalam wadah yang bisa di tutup rapat, bisa botol, atau wadah tupperware, dan simpan di lemari es.

Aturan pakai :
3 x sehari, @3-4 sendok makan (40cc) setelah makan.

CATATAN :
- Jus ini rasanya tidak enak. Untuk merubah rasanya agar lebih enak, silahkan berimprovisai dengan menambahkan 1 sendok teh cuka rosella, atau cuka apel, atau perasan jeruk lemon dll.
(Tapi kalau saya pribadi, tidak ada masalah dengan rasa jus yg tidak enak ini)
- Permukaan atas jus ini akan menghitam jika terkena udara, ini tidak ada masalah, tidak perlu dibuang lapisan yang menghitam ini.
- Tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.
- Pada awal pemakaian, perut terasa tidak enak. Maka tidak usah kuatir. Ini biasa, sebab ada reaksi tindak balas utk pertama kali dari tubuh terhadap kandungan zat dalam jus ini. Untuk pemakaian berikutnya, rasa tidak enak ini akan hilang dengan sendirinya (at least, ini yang saya alami)

Dalam 2-3 hari pemakaian, efek pengobatan dari jus ini akan membuahkan hasil secara signifikan, setidaknya itu yang saya alami terhadap penyakit jantung koroner saya.

Siapapun boleh menyebarkan resep ini dengan menyertakan sumbernya.

Semoga bermanfaat.
-Abu Ayaz-

Tambahan:
Dari artikel kulit manggis yang dirilis majalah Trubus edisi Oktober 2011, manfaat kulit manggis utk penyakit-penyakit berikut :
- jantung
- kanker
- asma
- alzheimer
- jerawat
- disentri
- diare
- sariawan
- bronchitis
- pneumonia
- parkinson
- bisul
- osteoporosis
- HIV
- asam urat
- kolesterol
- anti depresi
- menurunkan berat badan
- nyeri sendi
- anti penuaan dini
- tekanan darah tinggi
- dll

Kanker yang dapat diobati dengan kulit manggis adalah :
- kanker payudara
- kanker darah (leukemia)
- kanker lambung
- kanker paru2
- kanker kolon
- kanker usus besar
- kanker hati

Selain itu kulit manggis pun dapat dijadikan obat kemoterapi dan mengurangi dampak kemoterapi.

Sumber: http://www.facebook.com/groups/hidupsehattanpaobat/permalink/246586768743078/

-o0o-

- Tubuh Sehat dengan Sari Manggis dan Empon-empon, di sini.
- Informasi lebih lanjut tentang pengembangan SDM, dll., di sini.

-o0o-

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , , . Bookmark the permalink.

17 Responses to Cara Membuat Jus Kulit Manggis

  1. rams60 says:

    nice inpo. sudah coba cara gini, jadinya bukan berupa cairan tapi semacam emulsi sangat kental dari kulit manggis. tolong dong yang bener takaran bahannya

  2. Suseno Hadi says:

    BETUL ADA MANFAATNYA SEMOGA DENGAN MINUM JUS MANGGIS SELALU SEHAT……SELAMAT MENCOBA

  3. Suseno Hadi says:

    PERTAMA KALI SAYA MENDAPATKAN INFORMASI DIINTERNET SETELAH ITU SAYA MENCOBA MEMBUATNYA KARNA TIDAK MAMPU MEMBELI YANG SUDAH KEMASAN, MINUM PERTAMA KALI BABNYA HITAM TERASA AGAK SAKIT DIPERUT ITU TIDAK APA2 KARNA DALAM PROSES, BABNYA WARNA HITAM, HARI BERIKUTNYA BABNYA ENCER, YANG JELAS SAYA RASAKAN BADAN MENJADI FIT YANG DULUNYA SERING PUSING2, KOLETEROL MENURUN, TEKANAN DARAH NORMAL

  4. mohon bertanya,kalau diabetes bisa sembuh tak?klau bisa saya ingin mencoba nya,terima kaseh.

  5. tjusanto ongkorahardjo says:

    info yg sangat berguna bagi kemaslahatan umat manusia

  6. Rohaya Mohd Shah says:

    saya tanya apa jiqa saya membeli pruduct Gold orrimarru itu saqit diabetes saya bisa sembuh total?t/qaseh.

  7. Selamat Priyadi says:

    Banyak Sekali Yang Berterima Kasih Kepada Kalian Karena Info ini,karena jika kita buka internet soal jus kulit manggis, telah di dikepung oleh produsen yang jual jus tersebut dgn sangat mahal,sehingga ingin menemukan anda saja susah..

  8. m.tamrin says:

    permisi ikut copy paste

  9. m.tamrin says:

    matur nuwun semoga bermanfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s