Sepintas Inovasi dalam Perusahaan

Oleh: Dwiatmo Kartiko

Setelah bertemu dengan teman-teman lama yang bekerja di berbagai perusahaan saya terdorong untuk sharing mengenai inovasi dalam perusahaan. Tulisan ini hanya sekedar untuk menggelitik teman-teman yang membaca tulisan ini agar, siapa tahu, bisa semakin kreatif dalam berinovasi.

Mensiasati perkembangan ekonomi dunia yang semakin hari semakin mendekati realisasi pasar bebas dunia, maka semua perusahaan, terutama di Indonesia, sudah bukan saatnya lagi hanya membicarakan daya saing, atau efektifitas dan effisiensi, tetapi sudah harus action: menggerakkan inovasi.  Inovasi yang appropriate akan dapat memampukan manajemen berjalan secara efektif dan efisien, sehingga daya saing perusahaan bisa semakin melambung tinggi.

Area inovasi

Ketika membicarakan inovasi, maka sebenarnya inovasi tidak bisa dibatasi. Inovasi sangatlah luas, batasnya adalah kemampuan berfikir manusia. Namun untuk masuk ke area yang tidak terbatas tersebut, mungkin perlu pengantar contoh-contoh inovasi yang sudah banyak kita kenal. Dalam tulisan ini, inovasi-inovasi yang bisa untuk menjadi contoh a.l. inovasi produk, inovasi proses, inovasi servis, inovasi organisasi, dan inovasi model bisnis.

Inovasi produk. Perusahaan yang selalu melakukan inovasi produk misalnya produsen sepeda motor. Setelah memproduksi mesin 2 tak dan 4 tak non-matic, saat ini yang banyak diminati konsumen adalah mesin matic. Inovasi dilanjutkan dengan jenis rem, mulai dari rem tromol, rem cakram, hidrolik, dll., dsb.

Inovasi proses. Contoh perusahaan yang banyak berinovasi proses adalah pabrik jamu dan pabrik obat-obatan. Kalau jaman dahulu, sebelum merdeka, jamu disajikan di gelas oleh penjual jamu gendong keliling, saat ini jamu sudah disajikan dalam sachet, tinggal dibuka, diminum di mana saja dan kapan saja, tidak diperlukan lagi penjual jamu keliling. Di Perusahaan obat-obatan juga telah banyak dilakukan inovasi proses, yang sebelumnya menggunakan mesin dengan kapasitas 10.000 kapsul per hari misalnya, telah diganti dengan mesin baru yang bisa memproduksi 10.000 kapsul per menit, dengan menggunakan tenaga kerja yang sama.

Inovasi servis. Inovasi ini banyak dilakukan oleh perusahaan pemasaran retail atau penjual jasa. Para penjual retail saat ini tidak hanya menjajakan dagangannya di toko, kios atau warung, tetapi telah ada yang beinovasi ‘jemput bola,’ dengan mendatangi konsumen. Begitu juga dengan penjual jasa, kalau sebelumnya jasa kursus/pelatihan dilayani secara berkelompok, beberapa waktu kemudian sudah ada jasa kursus/pelatihan door to door, atau pelatihan private.

Inovasi organisasi. Saran saya, sebaiknya semua perusahaan melakukan gebrakan inovasi organisasi. Organisasi yang vertikal dan nggedabyah, perlu direvisi menjadi horizontal/flat atau teamwork dan ramping. Sudah terbukti perusahaan yang mempunyai struktur organisasi yang ramping lebih survive di saat krisis dari pada organisasi yang nggedabyah. Organisasi dengan struktur flat biasanya disertai tanpa garis komando dari atasan ke bawahan. Garis komando diganti masing-masing pekerja bekerja sesuai dengan agreement, mou atau komitmen yang telah disepakati. Peran atasan bukan lagi sebagai supervisor atau tukang perintah dan mengawasi, tetapi ia berperan sebagai mentor atau coach. Dan, otoritas tertinggi tidak terletak di pundak pimpinan, tetapi ditempatkan di system atau value yang telah disepakati bersama sebelumnya, yang umumnya dituangkan dalam visi, misi, kode etik, goal dan obyektif perusahaan.

Inovasi model bisnis. Contoh yang bisa jelas dilihat adalah dalam sistem pemasaran atau distribusi produk. Model bisnis yang telah berkembang sejak dahulu adalah pemasaran konvensional, yaitu dengan membuka cabang di beberapa tempat untuk melayani konsumen di berbagai tempat. Sistem pemasaran seperti ini membutuhkan biaya/investasi yang sangat besar. Saat ini sudah banyak perusahaan yang berinovasi,  merevisi sistem pemasarannya dengan menggunakan waralaba dan networking: a.l. member get member dan multilevel marketing.

Faktor penentu

Inovasi dalam perusahaan sebenarnya telah terjadi lebih dari yang tertulis di atas. Semuanya itu serba mungkin, mengingat semakin ketatnya kompetisi di antara perusahaan di saat pasar bebas dunia sudah semakin mendekat. Kalau perusahaan tidak melakukan inovasi, sangat mungkin posisinya akan digeser oleh perusahaan yang lain, atau omsetnya diambil alih oleh perusahaan lain yang mempunyai nilai kompetitif yang tinggi.

Semua perusahaan sebenarnya bisa melakukan inovasi, karena Inovasi itu adalah produk dari kreativitas manusia. Kalau ada perusahaan yang belum atau lambat dalam berinovasi itu bukan berarti perusahaannya yang keliru, tetapi bisa jadi stafnya atau sumberdaya manusianya (sdm) yang tidak siap untuk berubah menjadi lebih baik.

Untuk merubah suatu perusahaan menjadi inovatif yang perlu dilakukan adalah pemberdayaan staf/sdm dengan mengadakan shifting mind-set atau resetting mind-set. Staf/sdm yang masih suka ongkang-ongkang, atau lebih suka menjadi user atau follower, perlu segera disetting ulang mind-setnya agar bisa menjadi fighter atau inovator yang handal.

Semoga bermanfaat.

-o0o-

Informasi tentang pengembangan SDM, dll., di sini.

—o0o—

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Sepintas Inovasi dalam Perusahaan

  1. Greetings! Very helpful advice within this article! It’s the little changes that make the largest changes. Many thanks for sharing!

  2. Edison Chunn says:

    I discovered your blog using google. I must I am floored by your blog. Keep up the good work.

  3. Hi there administrator, I absolutely desired to make a brief comment to actually admit that in fact I respected your particular posting. Thanks!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s