Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat Menggunakan Kekuatan Karunia Semesta

A. Proses Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat

Langkah 1:
PELATIHAN I. Pelatihan pemberdayaan individu untuk menjadi magnet uang dan kesejahteraan (money and welfare magnet).

Langkah 2:
Individu mempunyai kompetensi dan mampu menjadi magnet uang dan kesejahteraan (money and welfare magnet) selalu aktif mengaplikasikannya dan berhasil.

Langkah 3:
Dari setiap penghasilan atau keuntungan, disisihkan 2,5% – 10% untuk diserahkan kepada pihak lain (yang tidak dikenal) yang membutuhkan.

Langkah 4:
Individu selalu menerapkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari, walaupun sudah kaya raya (menjauhi foya-foya, pola hidup konsumtif, dll.), Sehingga ada simpanan cadangan dana yang selalu bertambah.

(Dana ini bisa dipakai sebagai modal untuk memperluas cakupan individu yang terlibat dalam pengembangan kesejahteraan masyarakat).

Langkah 5:
PELATIHAN II. Pelatihan pemberdayaan individu menjadi agen transformasi, agen perubahan dan mampu menjadi pemimpin usaha-usaha yang berkembang pesat.

Langkah 6:
Individu mempunyai kompetensi sebagai agen transformasi, agen perubahan dan menjadi pemimpin usaha-usaha yang berkembang pesat, selalu aktif mengaplikasikannya dan menjadi penggerak kesejahteraan bagi masayarakat di sekitarnya, terjadi multiplikasi.

(Setelah Langkah 6 ini, dilanjutkan Langkah 1: PELATIHAN I., dengan peserta yang berbeda, jumlah pelatih lebih banyak, sehingga cakupannya bisa lebih luas.)

B. Prinsip hidup

  • “Harta dan tahta bukanlah tujuan, namun hanya sarana untuk hidup. Tujuan yang sebenarnya adalah menyelesaikan yang tidak terbatas.”
  • “Makan untuk hidup. Hidup untuk berbagi kesejahteraan kepada sesama.”
  • “Sukses: berbagi kata, cinta, harta dan tahta.”
  • “Mulia: bermanfaat bagi sesama.”
  • “Sejahtera: hidup sederhana dengan tetap menjaga perkembangan jasmani, rohani, intelektual, emosional, dan sosial secara proporsional.”

C. Materi Pelatihan

PELATIHAN I
– Pelatihan Self empower  di sini atau di sini

PELATIHAN II
– Pelatihan Kepemimpinan/leadership di sini atau di sini.

D. Kekuatan Proses Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat ini

  1. Pengembangan masyarakat ini berbasis pada individu, yang berupa perbaikan kompetensi individu, sehingga akan mampu menyentuh semua lapisan masyarakat, tanpa bias gender, bias kepentingan, dll.
  2. Materi pelatihan ini berupa kekuatan intrinsic manusia dan bersifat alamiah, sehingga bisa diikuti dan diaplikasikan oleh siapapun, di manapun, kapanpun, dan dalam kondisi apapun.
  3. Dengan menggunakan proses ini akan memberikan sumbangan 2,5% – 10% dari penghasilan individu untuk pihak lain yang membutuhkan. (lihat Langkah 3)
  4. Proses ini membangun komitmen kepada individu untuk tetap menerapkan pola hidup sederhana dalam kehidupan sehari-hari, walaupun sudah memagnet dana berlimpah, sehingga akan tercipta akumulasi dana yang bisa dialokasikan untuk memperluas cakupan Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat berikutnya. (lihat Langkah 4)
  5. Proses ini mengajak individu agar mempunyai kompetensi leadership/kepemimpinan yang bermoral dan terpuji. Kompetensi ini sebagai fondasi karakter pemimpin yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat, bukan sebaliknya pemimpin yang (secara terselubung atau terang-terangan) memanfaatkan masyarakat untuk keuntungan pribadi dan keluarganya.

E. Follow-up

Bagi siapapun diijinkan untuk menyebarluaskan informasi ini. Bagi yang mempunyai pertanyaan, ingin berpartisipasi atau hal-hal yang lain, silakan kontak kami.

Salam,
Dwiatmo Kartiko
Perum Jatisawit Asri A1/7, Balecatur, Gamping, Sleman 55295
Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663;
e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.

Informasi lebih lanjut tentang pengembangan SDM, dll., di sini.

—o0o—

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Pengembangan Kesejahteraan Masyarakat Menggunakan Kekuatan Karunia Semesta

  1. Marty says:

    how much it cost ?

  2. Marty says:

    informative, thanks ?

  3. asmarni says:

    Sangat setuju dgn program ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s