Pemimpin Sejati

Dalam konteks kepemimpinan, suatu kali mungkin kita mempunyai pertanyaan: “Pemimpin sejati itu yang seperti apa?” Sudah banyak pakar yang memberikan gambaran mengenai ciri-ciri pemimpin sejati, semuanya benar, hanya saja sering kali belum menyeluruh. Agak repot memang untuk mendefinisikan pemimpin sejati, maka dari itu mengenai pemimpin sejati akan digambarkan sebagai berikut.

Suatu hari Si A datang ke suatu tempat. Dia sebenarnya tidak tahu mengapa dia bisa berada di tempat itu, dan juga dia tidak pernah berencana untuk datang ke tempat itu. Di tempat itu dia bertemu dengan banyak orang, tetapi dia merasa asing di tengah-tengah kerumunan banyak orang,

Mangapa dia merasa terasing? Karena dia melihat ada permasalahan besar di tempat itu namun tidak ada seorang pun yang menyadarinya. Dia telah mencoba untuk membicarakan dengan banyak orang, tetapi mereka justru sinis mentertawakannya.

Selanjutnya, dengan kekuatan sendiri, dia mulai berusaha keras untuk menyelesaikan permasalahan yang besar tersebut. Karena terlalu besar permasalahannya, dia merasa tidak bisa menyelesaikannya sendiri, maka dari itu dia melakukan persuasi dengan beberapa orang agar berminat untuk membantunya. Mulai dari hanya 1 orang yang mau membantunya, dilanjutkan dengan persuasi yang tiada henti, akhirnya sebagian besar orang di situ menyadari permasalahan tersebut dan mau membantunya dengan sungguh-sungguh.

Tibalah saat yang berbahagia. Permasalah besar tersebut akhirnya dapat terselesaikan dengan hasil yang luar biasa. Semua orang bertepuk tangan bangga karena telah terbebas dari permasalahan besar. Semua orang yang ada di situ masing-masing dengan bangga mengatakan: “Kalau tidak ada aku, permasalahan tersebut tidak akan bisa terselesaikan.”

Beberapa orang yang ikut memulai menyelesaikan permasalahan tersebut menyadari bahwa sebenarnya yang layak mengatakan: “Kalau tidak ada aku, permasalahan tersebut tidak akan bisa terselesaikan,” hanyalah Si A. Selanjutnya mereka mencari Si A, namun mereka tidak bisa menemukannya. Setelah sekian lama mereka tidak bisa menemukan Si A, akhirnya mereka memperoleh kabar bahwa Si A saat ini berada di tempat lain, untuk menyelesaikan permasalahan besar yang lainnya.

Begitulah kisah Si A, Sang Pemimpin sejati.

Ketulusan dan kemampuan pemimpin sejati seperti Si A sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia yang saat ini sedang mengalami krisis multidimensional. Reformasi seharusnya bisa melahirkan lebih banyak pemimpin sejati. Inilah salah satu tugas penting bangsa kita di pasca reformasi, agar kita bisa memenuhi komitment pendiri bangsa ini, yaitu meraih: “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

Apakah ada pembaca yang tertarik untuk menjadi pemimpin sejati?

Salam,
Dwiatmo Kartiko

Proposal pelatihan kepemimpinan di sini.
Artikel kepemimpinan horizontal di sini.

Informasi tentang pengembangan SDM, dll., di sini.

—o0o—

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s