Perusahaan yang Bisa Survive di Milenium III

Pada bulan Januari 2008, saya diundang teman sesama wirausahawan untuk kumpul membicarakan: “Perusahaan yang bisa survive di milenium III.” Yang diundang selain para wirausahawan juga beberapa mahasiswa dan dosen. Pembicaraan cukup santai, tetapi mempunyai nilai yang positip bagi kita para wirausahawan yang ingin mempertahankan dan mengembangkan kegiatan usaha.

Dari pembicaraan di dalam pertemuan tersebut dapat disimpulkan bahwa agar usaha kita bisa tetap survive di milenium III, saat ini, yang harus dilakukan adalah melakukan berbagai hal agar usaha kita tetap bisa selalu efektif dan efisien. Bukti sudah ada, banyak usaha-usaha besar multinasional yang gulung tikar, tetapi banyak juga usaha-usaha kecil menengah, yang efektif dan efisien, tetap bisa survive.

“Bagaimana agar usaha kita bisa efektif dan efisien?” itulah pertanyaan yang banyak dibicarakan di dalam pertemuan tersebut. Apa saja yang dibicarakan bisa diringkas sebagai berikut.

Agar perusahaan bisa beroperasi dengan efektif dan efisien, yang outcome-nya berupa usaha yang kompetitif, beberapa hal berikut ini perlu dipertimbangkan untuk diaplikasilkan:

1. Reengineering (rekayasa ulang mesin-mesin, peralatan/perlengkapan usaha, dll.). Untuk keperluan ini perusahaan besar memanfaatkan devisi Research & Development, kalau usaha kecil cukup diteliti sendiri atau bisa saja membentuk tim pelaksana reengineering.
2. Staff consolidation (konsolidasi dan peningkatan kompetensi staf). Bisa dikerjakan oleh devisi Training & Development, atau bisa juga dikerjasamakan dengan pihak-pihak yang kompeten di dalam pengembangan sumberdaya manusia (SDM).
3. Internal development (pengembangan/perbaikan internal). Tergantung pada permasalahan internal apa saja yang menyebabkan usaha menjadi kurang efektif dan efisien. Perbaikan yang bisa dilakukan a.l. structural revision (revisi struktur organisasi), computerization/automation (komputerisasi/otomatisasi), dan policy revision (revisi keputusan/policy yang sudah tidak sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini).
4. Operating cost reduction (pengurangan biaya operasional)
5. Downsizing (pengurangan staf). Dilakukan dengan closing some branches (penutupan kantor cabang, yang tidak produktif tentunya), early retirement (pensiun dini), dll.
6. Networking & outsourcing (bekerjasama dengan perusahaan lain dan menggunakan tenaga yang kompeten dari perusahaan lain.).
7. Merger, Acquisitions dan Strategic alliances. (Merger atau berfusi dengan perusahaan lain, akuisisi atau pengambilalihan perusahaan lain, dan aliansi strategis atau bersama perusahaan lain membuat kegiatan atau ‘proyek’ yang saling menguntungkan).

Di antara semua hal tersebut tidak semuanya harus diaplikasikan, masih perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi usaha yang akan dipertahankan atau diperbaiki agar bisa survive.

Salam,
Dwiatmo Kartiko

Bila butuh analisis pelatihan staff, di sini.
Informasi tentang pengembangan SDM, dll., di sini.

—o0o—

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s