Manajemen Kasih

Resensi Buku:

  • Judul: MANAJEMEN KASIH
  • Sub-judul: “Paradigma Integral untuk Membangun Karakter yang Luhur”
  • Penulis: Dwiatmo Kartiko
  • Jml hal.: 155 hal
  • Harga: Rp. 35.000, –
  • Penerbit: PT. Trias Media, Bekasi

“ … bila jumlah orang yang tidak peduli dengan sesama dan lingkungannya semakin banyak, maka berbagai masalah sosial dan ancaman global tersebut akan semakin tidak mudah untuk dibenahi.”  Demikian salah satu kalimat di dalam Kata Pengantar buku ini.

Berbagai permasalahan personal dan sosial, baik di tingkat lokal maupun secara global, sudah complicated mengisi kehidupan manusia sehari-hari. Padahal, sebenarnya manusia diciptakan bukan untuk belepotan permasalahan seperti itu.

Sejak sebelum dilahirkan, manusia sudah dipersiapkan untuk menjadi makhluk yang mulia, dilengkapi berbagai solusi untuk menghadapi berbagai permasalahan. Sehingga, ketika hadir di dunia sudah siap untuk mengusahakan keselamatan dunia, atau Memayu Hayuning Bawana .

“Ada apa dengan manusia, sehingga tidak mampu merealisasikan kemampuan yang luar biasa tersebut? ” Jawabannya bisa ditemukan setelah Anda membaca uraian di dalam buku ini.

Menurut berbagai pakar spiritual dan kelompok orang yang hidup dengan hati nurani, menyatakan bahwa sebagian besar manusia tidak mampu merealisasikan seluruh kemampuannya karena mereka belum mengamalkan kasih dengan setulusnya. Para anggota kelompok ini sepakat untuk melontarkan pernyataan bijak berikut ini:
“Nafas hidupmu itu cinta kasih. Hiduplah dengan penuh cinta kasih, niscaya semuanya akan berubah menjadi lebih baik.”

Buku ini membahas secara rinci hal ihwal mengenai kasih. Termasuk di dalamnya menjawab pertanyaan utama benarkah akar permasalahan terjadinya berbagai masalah personal dan sosial, baik secara lokal maupun global, bersumber dari pengamalan kasih kita yang belum tulus? Apa bukti-buktinya? Bagaimana kita bisa mengamalkan kasih dengan tulus?

Pada hakekatnya, kita hanya akan bisa mengamalkan kasih dengan tulus mana kala kita bisa memahami hakekat kasih secara menyeluruh: Kasih kepada diri sendiri (Bag 2) , kepada Sang Pencipta (Bag 3) , kepada sesama (Bag 4) dan kepada lingkungan di sekitar kita (Bag 5) .

Ada prasyarat agar kita bisa mengamalkan kasih yang menyeluruh seperti itu, yaitu kita harus mengalami pencerahan terlebih dahulu. Bila kita sudah mengalami pencerahan, pikiran kita akan terbuka, hal ini akan menjadikan kita mampu melihat bumi beserta kehidupan yang berada di atasnya sebagai satu kesatuan yang utuh. Pencerahan seperti ini hanya bisa terjadi apabila kita sudah memahami dan mengasihi dengan tulus terhadap diri kita sendiri dan Sang Pencipta terlebih dahulu.

Materi disusun dengan menggunakan bahasa yang mudah difahami, namun pembahasannya sangat mendalam. Inti materi berupa pemahaman tentang diri sendiri dan bagaimana mengasihi diri sendiri dalam konteks kehidupan manusia yang bersifat sistemik di bumi ini ( Bag 2) . Materi dilanjutkan dengan pemahaman tentang Sang Pencipta dan bagaimana mengasihiNya berdasarkan alur pemahaman spiritual yang universal dan pemikiran yang logis ( Bag 3) . Selanjutnya tentang pemahaman dan bagaimana mengasihi sesama ( Bag 4) , dan mengasihi lingkungan ( Bag 5) secara tulus ikhlas.

Dengan diterbitkannya buku ini, semua orang, terutama bangsa Indonesia, layak untuk membacanya. Karena buku ini berisi bukan hanya hal-hal yang berkaitan dengan kasih, tetapi juga sebagai materi untuk merenovasi pola pikir seseorang agar bisa kembali berkarakter dasarnya yang luhur dan layak menjadi seorang panutan.

Buku ini didedikasikan untuk seluruh bangsa Indonesia, para anggota eksekutif, legeslatif, penegak hukum, wiraswastawan, pemodal, tokoh masyarakat, pendidik, mahasiswa dan pelajar, serta seluruh lapisan masyarakat pada umumnya.

Siapa pun perlu merenovasi pola pikir, kembali berkarakter luhur, dan menjadi panutan orang-orang lain di sekitarnya.

Luar biasa.

Pastikan bapak/ibu/sdr dan semua relasi dekat sudah membacanya.

Buku ini bisa dipesan di sini.

—o0o—

Lampiran: Tulisan di poster Buku Manajemen Kasih:

MANAJEMEN KASIH ( Buku)

Punya masalah dengan diri sendiri ?
-> Kesulitan finansial ?
-> Bisnis belum berhasil ?
-> Kesulitan memperoleh pekerjaan ?
-> Cita-cita tidak tercapai ?
-> Karir stagnant ?
-> Hidup berkeluarga kurang harmonis ?
-> Belum menemukan jodoh ?
-> Ada gangguan kesehatan, bahkan sudah akut ?
-> atau berbagai masalah diri sendiri yang lainnya ?

Punya masalah dengan orang lain ?
-> Dibenci banyak teman ?
-> Selalu diejek teman ?
-> Tidak dipercaya teman ?
-> atau berbagai masalah dangan orang lain yang lainnya ?

Punya masalah dengan lingkungan ?
-> Banjir ?
-> Tanah longsor ?
-> Sampah menumpuk ?
-> Kesulitan air bersih ?
-> atau berbagai masalah dangan lingkungan yang lainnya ?

Punya masalah dengan kepemimpinan ?
-> Kesulitan meningkatkan produktivitas lembaga ?
-> Lembaga sulit berkembang ?
-> atau berbagai masalah dengan kepemimpinan yang lainnya ?

Sebelum memutuskan solusi yang akan dipilih, bacalah buku ini, . . .
Sebagai referensi untuk menemukan akar penyebabnya, . . .
dan untuk memilih solusi yang tepat bagi segalanya, . . .

Buku ini bisa dipesan di sini.

—o0o—

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Buku and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s