Pertanian Organik

Memasuki abad 21, masyarakat dunia mulai sadar bahaya yang ditimbulkan oleh pemakaian bahan kimia sintetis dalam pertanian. Orang semakin arif dalam memilih bahan pangan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan. Gaya hidup sehat dengan slogan “Back to Nature” telah menjadi trend baru meninggalkan pola hidup lama yang menggunakan bahan kimia non alami, seperti pupuk, pestisida kimia sintetis dan hormon tumbuh dalam produksi pertanian. Pangan yang sehat dan bergizi tinggi dapat diproduksi dengan metode baru yang dikenal dengan pertanian organik.

Pertanian organik adalah teknik budidaya pertanian yang mengandalkan bahan-bahan alami tanpa menggunakan bahan-bahan kimia sintetis. Tujuan utama pertanian organik adalah menyediakan produk-produk pertanian, terutama bahan pangan yang aman bagi kesehatan produsen dan konsumennya serta tidak merusak lingkungan. Gaya hidup sehat demikian telah melembaga secara internasional yang mensyaratkan jaminan bahwa produk pertanian harus beratribut aman dikonsumsi (food safety attributes), kandungan nutrisi tinggi (nutritional attributes) dan ramah lingkungan (eco-labelling attributes). Preferensi konsumen seperti ini menyebabkan permintaan produk pertanian organik dunia meningkat pesat.

Indonesia memiliki kekayaan sumberdaya hayati tropika yang unik, kelimpahan sinar matahari, air dan tanah, serta budaya masyarakat yang menghormati alam, potensi pertanian organik sangat besar. Pasar produk pertanian organik dunia meningkat 20% per tahun, oleh karena itu pengembangan budidaya pertanian organik perlu diprioritaskan pada tanaman bernilai ekonomis tinggi untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

(Sumber: http://www.litbang.deptan.go.id/berita/one/17/)

Untuk memulai dan mengembangkan Pertanian Organik di semua tempat di Indonesia, kami menyediakan beberapa sarana produksinya:

1. Ragi Kompos
Pengurai bahan organik, pengaktif mikroba tanah, aktivator kompos PLUS, alternatif pupuk dasar. (Organik, bio-activator, botol plastik hydro isi 500 gr, pasta, coklat gelap, berlapis kapang putih, aroma ragi.)

2. Nutrizim
Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian, mempercepat pemulihan kesuburan tanah, berkualitas tinggi, dan aman bagi lingkungan. (Organik, pupuk, botol plastik HDPE, isi 500cc, cair, coklat kehitaman, pekat, aroma khas.)

3. Nutrizim PTO
Zat perangsang tumbuh organik bermanfaat memacu perbanyakan bunga, buah dan umbi, serta mencegah kerontokan bunga dan buah. Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil tanaman hortikultura dan tanaman lainnya. (Organik, pupuk, botol plastik HDPE, isi 100cc, cair, coklat kehitaman, pekat, aroma khas.)

4. PessoPlus!
Petisida dan fungisida berspektrum luas, sistemik dan kontak serta efektif mengendalikan organisme pengganggu tanaman. Cepat menyerap ke dalam jaringan tanaman. Aman bagi lingkungan. (Organik, bio-petisida, botol plastik HDPE isi 300 cc, cair, putih susu keabuan, pekat, aroma khas sangat kuat.)

5. Ponomu
Mengendalikan Ulat Grayak, Ulat Kobis pada tanaman sayuran, cabai, tembakau dan sejenisnya, secara efektif dan ramah lingkungan. . (Organik, bio-petisida, kotak karton, isi 90 gr (3 sachet @ 30 gr, bubuk, warna putih keabu-abuan,)

6. 4Plus !
Perekat, perata, penembus, pembawa, menghemat penggunaan insektisida, fungisida, herbisida, PPC. (Katalisator, botol plastik HDPE, isi 500cc, cair, sangat pekat, ungu cerah, aroma sari herbal.)

7. Nutrizim Pasta Multiguna
Pembenah, penggembur dan penumbuh plankton pada tambak dan kolam. Alternatif pupuk dasar/susulan pada semua tanaman budidaya. Meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil serta aman bagi lingkungan. (Organik, botol plastic hydro, isi 500gram, pasta, coklat gelap, aroma ragi.)

8. Nutrizim Ternak
Meningkatkan nafsu makan ternak, meningkatkan efisiensi dan ektifitas pakan (TDN), meningkatkan bobot dan mutu hasil, aman tanpa efek samping untuk hasil ternak. (Organik, suplemen ternak, botol plastik HDPE, isi 500cc, cair, pekat, aroma sari herbal.)

9. Ragi Tape Jerami
Meningkatkan kualitas pakan ternak. Manambah nilai gizi (protein, karbohidrat, vitamin dan mineral). Mudah dicerna. Beraroma karamel dan lebih higienis. (Organik, bio-aktivator, botol plastik hydro, isi 500cc, pasta, coklat gelap, berlapis kapang, aroma ragi.)

10. Nutrizim Unggas
Meningkatkan daya tahan terhadap cuaca ekstrim dan serangan penyakit. Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pakan (TDN). Menurunkan nilai FCR. Meningkatkan bobot dan mutu hasil. Aman tanpa efek samping untuk unggas dan produk hasil unggas. (Organik, suplemen unggas, botol plastik HDPE, isi 500cc, cair, warna coklat pekat, aroma sari herbal.)

11. Jasad Renik
Pengurai limbah organik rumah tangga, mendesak bakteri patogen yang membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan, dan menghilangkan bau tak sedap septik-tank akibat saluran pipa tersumbat. (Organik, pengurai limbah RT, botol plastik hydro, isi 500c, pasta, coklat gelap, berlapis kapan, aroma ragi.)

DAFTAR HARGA

1. Ragi Kompos ………………… Rp. 30.000,-
2. Nutrizim ………………………. Rp. 30.000,-
3. Nutrizim PTO ………………. Rp. 30.000,-
4. PessoPlus! ……………………. Rp. 30.000,-
5. Ponomu ……………………….. Rp. 35.000,-
6. 4Plus ! ………………………….. Rp. 30.000,-
7. Nutrizim Pasta Multiguna Rp. 35.000,-
8. Nutrizim Ternak …………… Rp. 35.000,-
9. Ragi Tape Jerami …………. Rp. 30.000,-
10. Nutrizim Unggas …………. Rp. 40.000,-
11. Jasad Renik …………………. Rp. 35.000,-

(Untuk luar Yogyakarta tambah ongkos kirim)

Untuk informasi dan konsultasi pertanian organik hubungi:
Dwiatmo Kartiko
Perum Jatisawit Asri A1 No 7, Balecatur, Gamping, Sleman 55295.
Tlp 02742149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663
e-mail: bioaccess98@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.

Salam,

-o0o-

Mau membuat Pupuk NPK Plus sendiri, di sini.
Informasi tentang pengembangan SDM, dll., di sini.
Informasi tentang kerja di rumah, di sini.
Informasi tentang kerjasama bisnis secara offline, di sini.

-o0o-

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Kontak dan kerjasama offline and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s