Makanan Pencegah Rambut Rontok

Melakukan diet sehat, tak hanya bermanfaat untuk menjaga penampilan tubuh ideal. Diet yang sehat juga bisa menunjang kesehatan rambut, termasuk mencegah kerontokan pada rambut.

Jika rambut mulai menipis dan botak kita perlu segera mengatasinya. Ada beberapa modifikasi diet yang bisa membantu mempertahankan kesehatan rambut. Tidak hanya untuk wanita, para pria pun bisa mengalami masalah sensitif pada rambut. Tak hanya sekedar melakukan keramas, melakukan modifikasi diet juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit kepala. Apa yang kita makan, bisa sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh kita, termasuk rambut.

Agar rambut terhindar dari rontok, berikut makanan yang perlu dikonsumsi:

Wortel
Tak hanya bagus untuk kesehatan mata. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam wortel memberikan nutrisi yang sangat baik untuk kulit kepala. Kulit kepala yang sehat bisa membuat rambut berkilau. Kandungan vitamin A dalam wortel juga mampu melembabkan dan menguatkan rambut sehingga tak mudah rontok. Diet sehat seimbang juga sangat dianjurkan. Diet kaya protein, banyak mengonsumsi buah-buahan, dan sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan berlemak seperti salmon dan susu rendah lemak juga bermanfaat untuk menunjang kesehatan rambut.

Kacang Hijau
Meskipun kacang hijau tidak kaya antioksidan atau vitamin atau mineral tertentu, namun kacang hijau mengandung jumlah yang seimbang dari vitamin dan mineral seperti zat besi, seng dan vitamin kelompok B. Ini penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Gandum
Tidak hanya sarat dengan serat yang membantu menjaga kesehatan jantung dan perut, oats atau gandum juga mengandung konsentrasi tinggi zat gizi penting seperti seng, besi dan omega-6 asam lemak. Oats juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda sebagai (PUFA). Asam lemak omega-6 secara khusus penting untuk mempertahankan kulit normal, pertumbuhan rambut dan sebagai zat pembangunan. Karena nutrisi ini penting dan hanya diperoleh melalui makanan, pastikan sarapan pagi Anda selalu menyertakan oats.

Udang
Dari berbagai macam makanan laut yang tersedia, udang termasuk makanan laut dengan kandungan protein tinggi. Udang juga mengandung vitamin B12, zat besi, seng yang sangat diperlukan untuk mencegah kerontokan rambut.

Kenari
Tidak mau kalah dengan gandum, kenari adalah salah satu kacang yang paling hairfriendly. Tidak hanya mengandung omega-6 lebih banyak, tapi juga penuh dengan kandungan nutrisi lainnya seperti seng, besi, vitamin B (B1, B6 dan B9), dan banyak protein. Namun, hati-hati, kenari juga mengandung selenium, mineral yang diketahui menyebabkan rambut rontok jika dikonsumsi terlalu banyak. Jadi segenggam kenari selama seminggu adalah jumlah yang ideal untuk mendapatkan manfaatnya.

Telur
Telur, sarat dengan nutrisi penting seperti protein, vitamin B12, zat besi, seng dan asam lemak Omega 6 dalam jumlah besar. Kekurangan salah satu vitamin dan mineral tersebut bisa menyebabkan kualitas yang buruk pada rambut. Tak hanya itu, kandungan biotin (vitamin B7) pada telur, juga perlu diketahui mampu memerangi kerontokan rambut.

Produk susu rendah lemak
Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yoghurt merupakan sumber besar kalsium, mineral penting untuk pertumbuhan rambut. Mereka juga mengandung whey dan kasein. Tambahkan secangkir yogurt atau keju ke daftar makanan Anda untuk membantu mencegah rambut rontok.

Perlu diketahui pula, stres dan terlalu banyak menggunakan hair spray serta gel rambut, menjadi salah satu penyebab kerontokan pada rambut. Untuk itu, hindari stres yang berlebihan dan penggunaan produk kimiawi rambut yang berbahaya, termasuk menghindari paparan sinar matahari, polusi , air hujan dan debu yang berlebihan. Ini semua bisa menyebabkan rambut mudah kering, rapuh dan lemah (forumkamiNET).

Untuk mengembalikan rambut menjadi hitam dan kuat, kini telah tersedia Minyak rambut anti uban & anti rontok. KUALITAS TERJAMIN. Silakan dibuka di sini.

Salam,
Dwiatmo Kartiko

-o0o-

Informasi lebih lanjut tentang pengembangan SDM, dll., di sini.
Info lain yang bisa diexplore di blog ini dapat dilihat di Categories (kolom sebelah kanan: Berita, Buku, Kerja di rumah, Kontak dan kerjasama offline, Paper, Pelatihan)

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s