Ada God Spot di diri kita masing-masing

Oleh Dwiatmo Kartiko

Ketika kita membahas tentang SQ (Spiritual Quotient), ada beberapa pertanyaan penting yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, antara lain:

  • Bagaimana hubungan Tuhan dengan manusia sebagai ciptaannya? Apakah keduanya split (terpisah), atau apart (terlepas), atau patch (menempel), atau penetrate/insert (menyisip), atau bagaimana?
  • Mengapa orang-orang tertentu bisa mempunyai kekuatan supra-natural?
  • Apakah mereka yang mempunyai kekuatan supra-natural itu memang sesuai dengan kehendak Tuhan, atau mereka termasuk pengikut aliran sesat?

Untuk menjawabnya, telah ada pembuktian ilmiah yang ditemukan oleh Michael Persinger awal 1990-an dan oleh VS Rama Chandran dan tim-nya dari California University, yang menemukan eksistensi God Spot (Tiktik Tuhan) dalam otak manusia. God Spot sudah built-in sebagai pusat spiritual yang terletak pada jaringan syaraf otak.

Apa itu God Spot?

God Spot bukanlah GreenSpot atau G-Spot dan juga bukan Hot-SpotGod Spot inilah yang membuat seseorang mempunyai pengalaman rohani. God Spot juga membuktikan bahwa Tuhan memang berada di dalam diri manusia. Menurut Ary Ginanjar Agustian, God Spot secara singkat adalah fitrah atau suara hati.

Jurnal Internasional Psikologi Agama mengungkapkan God Spot tidak hanya terpusat pada satu daerah di otak melainkan tersebar di sejumlah daerah.

“Kami telah menemukan dasar neuro-psikologis untuk spiritual, dan ternyata tidak terisolasi pada satu daerah tertentu di otak. Spiritual adalah konsep yang jauh lebih dinamis sehingga menggunakan banyak bagian dari otak serta memainkan peranan yang lebih signifikan. Tetapi mereka semua bekerjasama untuk memfasilitasi pengalamanan spiritual seseorang,”

jelas Brick Johnstone, profesor psikologi kesehatan di University of Missouri Sekolah Profesi Kesehatan, dikutip dari http://www.huffingtonpost.com, Sabtu (20/04/2012).

Bagaimana mengaktivasi God Spot?

Menurut Ary Ginanjar Agustian dalam tulisannya di Rahasia Emosi dan Spiritual, 2001, dikatakan ada 7 (tujuh) faktor yang mempengaruhi God Spot yang ada di diri kita, yaitu:

  • Prasangka negatif,
  • Pengaruh prinsip hidup,
  • Pengaruh pengalaman,
  • Pengaruh kepentingan dan prioritas,
  • Pengaruh sudut pandang,
  • Pengaruh pembanding, dan
  • Pengaruh literatur.

Agar God Spot bisa mendukung kehidupan kita hingga hidup kita bisa senantiasa menjadi semakin lebih baik, maka perlu lah setiap saat kita mengamalkan atau mengikhlaskan ke-7 (ketujuh) hal  berikut ini:

  1. Berprasangkalah baik kepada orang lain, dan hindari selalu berprasangka buruk.
  2. Berprinsiplah selalu kepada Allah Yang Maha Abadi.
  3. Berfikirlah merdeka, bebaskan diri dari pengalaman-pengalaman yang membelenggu pikiran.
  4. Dengarlah suara hati, berpeganglah prinsip KARENA ALLAH, berpikirlah melingkar sebelum menentukan kepentingan dan prioritas (99 Thingking Hats).
  5. Lihatlah semua sudut pandang secara bijaksana berdasarkan suara-suara hati yang bersumber dari Asmaul Husna (99 Thingking Hats).
  6. Periksa pikiran anda terlebih dahulu sebelum menilai segala sesuatu, janganlah melihat sesuatu karena pikiran anda, tetapi lihatlah sesuatu karena apa adanya.
  7. Ingatlah bahwa segala ilmu pengetahuan itu bersumber dari Allah SWT.

Kalau setelah mengamalkan atau mengikhlaskan ketujuh hal tersebut beberapa bulan kemudian tahu-tahu terasa ada kekuatan supra-natural di dalam perbuatan atau pekerjaan Anda, percayalah itu semua karena Anda telah memperoleh karunia dari ilahi atau karunia semesta. Tidak perlu ragu-ragu, Anda tidak tersesat. Kalau toh ada yang merasa tersesat, Anda sebenarnya telah tersesat di jalan yang benar.

Salam SUKSES.

-o0o-

Informasi tentang pengembangan SDM, dll., di sini.

—o0o—

 

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Paper and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s