Pelatihan Leadership

MENJADI PEMIMPIN YANG TANGGUH
(PELATIHAN 5 HARI)

PENDAHULUAN

Di dalam suatu negara atau suatu masyarakat yang sedang membangun, akan diperlukan banyak warga masyarakat yang mempunyai kemampuan kepemimpinan yang handal. Semakin banyak jumlah anggota masyarakat yang mempunyai ketrampilan kepemimpinan akan semakin cepat pertumbuhan pembangunan menuju ke arah seperti yang diidam-idamkan oleh masyarakat tersebut. Dengan semakin banyaknya anggota masyarakat yang mempunyai ketrampilan kepemimpinan akan mendorong tumbuhnya berbagai kelompok/organisasi/lembaga yang bisa melayani berbagai kebutuhan masyarakat yang terus-menerus bertumbuh sesuai dengan visi suatu negara atau masyarakat tersebut.

Untuk memacu terjadinya pertumbuhan kelompok/organisasi/lembaga dalam suatu masyarakat, ketrampilan kepemimpinan yang paling urgen dibutuhkan adalah ketrampilan transformasi. Secara ringkas, kemampuan transformasi seperti ini terdiri dari dua hal, yaitu pertama: ketrampilan transformasi diri; dan kedua: ketrampilan untuk berbagi dengan orang lain agar mereka mau mentransformasi diri mereka masing-masing. Jenis ketrampilan dalam transformasi ini meliputi: ketrampilan membangun pribadi yang unggul, disertai dengan beberapa ketrampilan untuk berbagi dengan orang lain, a.l. membangun suasana perubahan, melakukan komunikasi yang efektif dan negosiasi.

Ketrampilan kepemimpinan seperti ini merupakan ketrampilan yang bisa dipelajari oleh siapapun yang membutuhkan.

TUJUAN

Tujuan Umum:
Setelah mengikuti pelatihan ini, semua peserta mempunyai ketrampilan kepemimpinan yang berkualitas untuk mentransformasi diri dan membangun perubahan dalam kelompok/organisasi/lembaga atau dalam masyarakat umum.

Tujuan Khusus:
Setelah mengikuti pelatihan, semua peserta dapat:

  • membangun pribadi yang teguh/unggul/sukses;
  • melakukan transformasi diri secara berkelanjutan;
  • menjadi inisiator dalam perubahan yang semakin bertumbuh lebih baik.

PESERTA

Peserta pelatihan adalah wiraswastawan atau pimpinan kelompok/organisasi/lembaga atau tokoh masyarakat yang ingin berperan lebih baik dalam pertumbuhan kelompok/organisasi/lembaga atau perkembangan masyarakat secara luas. Jumlah peserta maksimum 20 orang dalam sekali pelatihan.

MATERI PELATIHAN

Hari I: Membangun pribadi yang teguh/unggul/sukses

1.1. Mangatur pikiran dan perasaan (90 menit)
Apapun yang kita pikirkan akan menimbulkan vibrasi/getaran. Getaran pikiran ada yang positip dan ada yang negatip. Getaran pikiran kita akan meresonansi hal-hal di sekitar kita dan hal-hal yang teresonansi tersebut akan mendekat pada diri kita. Bila getaran pikiran kita negatip, hal-hal yang negatip-lah yang akan mendekat pada kita, sebaliknya bila getaran pikiran kita positip, hal-hal yang positip-lah yang akan mendekat pada kita. Materi ini untuk belajar bagaimana kita mengatur pikiran kita agar hanya hal-hal yang positip yang mendekat pada kita.

1.2. Air dalam tubuh bisa membaca pikiran kita (90 menit)
70% tubuh manusia berupa air. Bila air mendapat perlakuan yang positip, hasilnya air menjadi punya daya detoksifikasi. Sebaliknya, bila mendapat perlakuan negatip, air menjadi tidak berdaya. Dalam jangka panjang, akan bisa mengakibatkan terjadinya penyakit. 90% penyebab sakit diawali dari kondisi pikiran. Materi ini untuk belajar bagaimana seseorang bisa menjadi tak berdaya dan bahkan bisa sakit bila tidak mampu mengelola pikirannya, agar kita bisa menghindarinya.

1.3. Mengukur kadar positip dalam pikiran kita (90 menit)
Untuk mengetahui berapa kadar pikiran positip pada seseorang dapat dideteksi melalui test. Sama seperti test IQ, test kadar pikiran positip juga dilakukan dengan menjawab soal-soal. Materi ini untuk belajar meningkatkan kadar positip dalam pikiran seseorang melalui ujicoba/latihan.

1.4. Mengelola pikiran dan membangun sukses bersama kelompok/organisasi (120 menit)
Setelah kita tahu bagaimana pola kerja pikiran kita, maka kita akan bisa mengelola pikiran kita untuk membangun kesuksesan apa saja. Dalam bagian ini peserta akan diajak latihan bersama untuk mengelola pikiran agar bisa sukses bersama kelompok/organisasi/lembaga.

Hari II: Pengantar Leadership/kepemimpinan

2.1. Pengertian Kepemimpinan (120 menit)
Siapapun membutuhkan ketrampilan kepemimpinan, tidak terbatas pada mereka yang mempunyai pangkat atau jabatan tertentu. Kepemimpinan adalah proses perkembangan yang terus-menerus di dalam diri manusia. Materi ini menjelaskan mengenai kepemimpinan dan hal-hal yang perlu dikembangkan dalam diri seorang pemimpin.

2.2. Pemimpin, transformasi diri (120 menit)
Banyak hal dalam diri seseorang atau pemimpin yang perlu ditrasformasi. Untuk menentukan hal-hal yang pokok dalam transformasi diri, disebutlah kepemimpinan Q, merupakan singkatan dari IQ, EQ, SQ, Quality, dll. Materi ini membahas tentang transformasi hal-hal yang pokok dalam diri seseorang atau pemimpin.

2.3. Hal-hal yang penting dalam transformasi (120 menit)
Di dalam dunia yang terus bertumbuh, setiap orang juga harus senantiasa bertumbuh. Dalam hubungannya dengan masa depan seseorang atau perusahaan, ada 3 hal yang penting dalam transformasi diri yaitu pertumbuhan karakter, pembentukan visi yang jelas dan peningkatan kompetensi. Ketiga hal ini akan dibahas dalam materi ini.

2.4. Pemimpin, berbagi agar orang lain juga bertumbuh (120 menit)
Setelah mengalami transformasi diri, seorang pemimpin perlu berbagi dengan orang lain agar orang tersebut juga mengalami transformasi dan bertumbuh. Untuk tindakan ini diperlukan banyak kompetensi tambahan dalam diri pemimpin ybs. Materi ini akan membahas berbagai kompetensi yang perlu dimiliki olah pemimpin pada saat mereka harus berbagi dengan orang lain.

Hari III: Pemimpin sebagai inisiator perubahan

3.1. Alegori Goa (120 menit)
Pemimpin yang baik juga menjadi inisiator perubahan, yang diawali dengan meninggalkan zona kenyamanan. Gambaran mengenai zona kenyamanan yang perlu ditinggalkan ini divisualkan dengan alegori goa. Beberapa perubahan yang diperlukan dalam diri seseorang atau perusahaan dibahas dalam materi ini.

3.2. Perubahan butuh jerih payah (120 menit)
Setiap perubahan menimbulkan hal-hal yang tidak menyenangkan dan ketakutan-ketakutan yang mungkin akan terjadi. Materi ini membahas hal-hal yang tidak menyenangkan dan ketakutan-ketakutan yang mungkin akan terjadi dari berbagai perubahan.

3.3. Menciptakan suasana untuk berubah (120 menit)
Selain berinisiatif dalam terjadinya perubahan, pemimpin juga perlu menciptakan suasana yang kondusif yang mendukung terjadinya perubahan. Melakukan berbagai kegiatan yang diperlukan untuk menciptakan suasana yang berubah akan dibahas dalam materi ini.

3.4. Perubahan-perubahan yang bertumbuh (120 menit)
Dalam kaitannya dengan organisasi/kelompok/perusahaan, sering kali tidak mudah untuk berubah atau bertumbuh. Materi ini akan membahas hal-hal yang penting untuk dikerjakan agar organisasi/kelompok/perusahaan mengalami perubahan/pertumbuhan

Hari IV: Komunikasi yang efektif

4.1. Komunikasi inter personal yang efektif (120 menit)
Dalam proses perubahan, pemimpin akan selalu berkomunikasi. Bagaimana berkomunikasi yang baik dan kendala-kendala apa saja dalam berkomunikasi akan dibahas dalam materi ini.

4.2. Mendengar dengan aktif (120 menit)
Kunci keberhasilan seseorang dalam berkomunikasi secara timbal-balik adalah mempunyai kemampuan mendengarkan dengan baik, bukannya kemampuan berbicara. Kemampuan mendengar dengan baik dari orang lain, baik itu secara verbal maupun secara non-verbal merupakan materi yang dibicarakan dalam jam ini.

4.3. Membangun suatu hubungan (120 menit)
Pada dasarnya, manusia merupakan makluk sosial, bukannya makluk individu. Untuk membangun keberhasilan suatu perubahan sangat dipengaruhi oleh kemampuan membangun hubungan terutama bagi inisiatornya. Materi ini membahas apa saja yang sebaiknya dilakukan dalam membangun hubungan agar bisa awet dan bertumbuh.

4.4. Menjual ide yang ampuh (120 menit)
Dalam proses perubahan, diperlukan kemampuan menjual dengan baik. Dengan mempelajari bagaimana menjual dengan baik, akan membantu pemimpin dalam memasarkan suatu perubahan. Hal inilah yang dibahas dalam sesi ini.

Hari V: Menjadi negosiator yang baik

5.1. ‘ Golden rule’ dalam negosiasi (120 menit)
Negosiasi akan sangat diperlukan pemimpin yang berperan sebagai inisiator suatu perubahan. Selama berhubungan dengan pihak lain, siapapun membutuhkan kemampuan bernegosiasi dengan baik. Materi ini menjelaskan tentang apa dan bagaimana bernegosiasi dengan baik di dalam kehidupan sehari-hari.

5.2. Proses negosiasi (120 menit)
Negosiasi dalam organisasi dan bisnis kadang-kadang menemui jalan buntu. Walaupun bisa jadi kita menemukan kasus sulit dalam negosiasi kita tetap perlu menjadi negosiator yang baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam negosiasi dan pokok-pokok yang penting dalam negosiasi akan dibahas dalam materi ini

5.3. Proses negosiasi yang memberdayakan (120 menit)
Pada saat seseorang atau perusahaan mengadakan kerjasama atau merekrut tenaga kerja atau mempekerjakan orang lain, kadang-kadang yang yang terjadi adalah perlakuan yang kurang adil pada pihak yang diajak kerjasama/pekerja. Materi ini memberikan gambaran model sederhana bagaimana bekerjasama dengan orang lain yang manusiawi atau memberdayakan dengan menggunakan proses negosiasi.

5.4. Follow-up pelatihan dan feed-back (120 menit)
Berdasarkan hasil dari mengikuti pelatihan selama 5 hari peserta diberi waktu untuk membuat rencana kerja. Selain itu, pihak pelaksana pelatihan juga membutuhkan feed back dari peserta pelatihan untuk memperbaiki pelatihan-pelatihan berikutnya.

TOLOK UKUR

INPUT —>   PROSES —>   OUTPUT —>   OUTCOME

Input:
Figur yang ingin berperan lebih baik dalam perkembangan kelompok/organisasi/lembaga dan masyarakat
Proses:
Pelatihan 5 hari
Out-put:
Peserta punya bekal ketrampilan untuk mentransformasi diri dan menjadi inisiator perubahan
Out-come:
Kelompok/organisasi/lembaga dan masyarakat bertumbuh menjadi lebih baik

RIWAYAT HIDUP FASILITATOR di sini

—o0o—

About karuniasemesta

Kelompok Karunia Semesta (KKS) merupakan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan motto: "Saling berbagi membangun hidup bermartabat." Kelompok ini memberi pelayanan: konsultasi, mentoring, pendampingan & coaching/pelatihan. Kegiatan rutin yang dikerjakan antara lain memberi pelayanan sosial, konsultasi, pendampingan dan mentoring kepada anggota masyarakat yang memerlukan bantuan untuk menyelesaikan permasalah sosial, ekonomi. pendidikan, kesehatan, dll. Di samping itu, KKS juga memberi coaching/pelatihan pengembangan sumber daya manusia, a.l. Pelatihan Shifting Character for Success, Menjadi Pemimpin yang Tangguh, Self Empower, Pelatihan Teamwork Berkinerja Prima, dan Pelatihan Soft-skills: inisiatif, inovasi, decision making, problem solving, manajemen waktu, pendelegasian, resolusi konflik, manajemen teamwork, PDCA/ PDSA, strategic planning, dll. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Kantor Pusat: Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667, 08886829663 e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id. Kontak: Dwiatmo Kartiko Dwiatmo Kartiko lahir di Blora pada 30 Mei 1963. Masa kecil hingga menyelesaikan SMA dijalani di kota kecil di Jawa Tengah tersebut. Pada tahun 1986, menyelesaikan pendidikan S-1 Geografi di Univ. Gadjah Mada Yogyakarta. Setelah lulus, sempat mengajar di Univ. Kristen Satya Wacana, Salatiga, selama 3 (tiga) semester, hingga pertengahan tahun 1988. Setelah itu, kegiatan sehari-harinya dihabiskan dengan menggeluti dunia LSM yang berfokus pada pengembangan sumberdaya manusia (SDM) dan lingkungan, baik di LSM lokal maupun LSM Internasional, mulai dari UPKM/CD RS Bethesda Yogyakarta, WALHI Yogyakarta, PELKESI dan diteruskan masuk menjadi staf PLAN Internasional Indonesia. Mulai tahun 2000, dunia usaha menjadi impian hidupnya, sambil masih terus terlibat di dalam dunia pemberdayaan SDM. Itulah sebabnya, sejak tahun 2006 pengembangan SDM menjadi fokus aktivitas sehari-harinya, dengan menjadi fasilitator pemberdayaan SDM secara individual dan kelompok, baik itu organisasi atau perusahaan. Saat ini bersama isteri dengan dua anak, tinggal di Perum Jatisawit Asri, Balecatur, Gamping, Sleman 55295. Bisa dikontak via Tlp 0274 2149528, Hp/sms 08157933667; 08886829663; e-mail: dkartiko@yahoo.com; tim_karunia@yahoo.co.id.
This entry was posted in Pelatihan and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s